Cara ampuh mengatasi low on memory pada windows 7,8,10


Halo, guys... Ini postingan pertama di blog saya, bila sobat memiliki masalah pada laptop atau komputer  sobat yang keluar notifikasi low on memory berikut cara memperbaikinya.

Hal ini dapat menjadi salah satu masalah yang paling menjengkelkan pada OS Windows. Sobat sedang seru browsing, main game, atau mengerjakan tugas dan tiba-tiba muncul peringatan memori rendah atau istilahnya low on memory.

Cari tahu apa yang menyebabkan masalah ini dan bagaimana memperbaikinya.

Peringatan memori rendah terjadi ketika Windows telah kehabisan ruang untuk menempatkan data yang dibutuhkan pada RAM ketika sobat menjalankan aplikasi yang berbeda. Hal ini juga dapat disebabkan karena Hardisk penuh dengan file-file yang tidak berguna.

Biasanya jika sobat mendapatkan peringatan ini, ada sesuatu yang tidak beres dengan paging file yang menggunakan hard disk untuk penyimpanan ekstra.

Sobat dapat memeriksa ini dengan membuka tab Kinerja Windows Task Manager (tekan tombol Ctrl-Alt-Del secara bersamaan).

Jika penggunaan paging file sobat hampir penuh, dan Free Memory rendah, maka Windows kehabisan memori untuk aplikasi yang berjalan.

Hal ini dapat menyebabkan hal-hal seperti crash browser web, crash program lain dan sebagainya.

Cara memperbaikinya :

Pertama, periksa bahwa sobat memiliki cukup disk space. biasanya dapat melakukan ini dengan mengklik pada Komputer dari Start Menu, dan kemudian melihat nilai ruang bebas ke kanan Local Disk.

Jika ini lebih rendah dari beberapa ratus MB, maka Anda perlu membebaskan ruang pada disk dengan menghapus file, dan kemudian mengosongkan recycle bin. Ini akan membebaskan ruang disk untuk file paging file yang digunakan . Sobat dapat beralih ke manual dan mengatur nilai yang terlalu rendah.
Periksa ini dengan mengklik kanan pada Computer dan pilih Properties. Sobat harus mendapatkan tampilan panel sistem seperti ini: 

Click pada "Advanced system settings", lalu tab Settings di bawah Kinerja di atas. Jendela "Performance options" akan terbuka. Klik pada "Advanced".


Sekarang klik pada tombol "Change" di bawah "Virtual memory" .Anda akan melihat pilihan Memory halaman Virtual. Ini mengontrol ukuran file paging.


Biasanya sobat dapat mencentang kotak centang atas untuk "Automatically manage paging size.."   , dan Windows akan menangani semuanya sendiri, asalkan sobat memiliki ruang disk kosong yang cukup.

Namun, sobat dapat menyimpan ini  jika sobat memiliki nilai wajar yang ditetapkan di sini.

Apa nilai-nilai yang wajar di sini?

Lihat di bawah..

Paging File - pengaturan manual

Sebagian besar waktu, sobat tidak akan perlu menggunakan pengaturan manual untuk memori virtual. Namun, ada beberapa kasus terpencil di mana hal ini mungkin berguna.

Salah satunya mungkin di mana sobat memiliki jumlah terbatas ruang disk, dan tidak ingin ruang bebas yang tersedia digunakan untuk peningkatan dan penurunan sepanjang waktu oleh Windows guna menyesuaikan ukuran file paging.

Pertimbangan ketika modifing pengaturan memori virtual:

Kecuali sobat memiliki banyak memori (setidaknya 8GB) dan menggunakan versi 64-bit Windows, maka sobat harus memiliki setidaknya satu disk diatur untuk menggunakan paging file. Ini biasanya akan menjadi C: drive. Sobat tidak perlu mengatur file paging lebih dari satu disk, meskipun itu memungknkan. Recommend ukuran minimum adalah 512MB untuk kompatibilitas. Ukuran maksimum adalah masalah preferensi, dan tergantung pada berapa banyak aplikasi yang dijalankan pada saat yang sama, tapi mungkin lebih baik diatur setidaknya 4096MB (4 Giga) atau lebih tinggi.

Memindahkan file paging ke disk SSD juga dapat sangat mempercepat sistem sobat, karena akses paging file dapat menjadi salah satu alasan yang paling sering untuk membaca dan menulis penggunaan disk.

Hal ini terutama berlaku jika sobat tidak memiliki banyak RAM fisik yang terpasang, atau cahaya disk Anda sering menyalakan karena halaman file disk swapping.

Ada beberapa kekhawatiran dengan SSD sebelumnya bahwa menempatkan seperti file yang sangat-digunakan pada SSD akan menyebabkan umur lebih pendek untuk solid-state disk, namun hal ini tidak mungkin menjadi perhatian untuk SSD baru dan meningkatkan kinerja bisa menjadi signifikan.


Setelah sobat membebaskan ruang disk atau sudah menyesuaikan pengaturan paging fil sobat, sobat dapat membuka Task Manager lagi untuk melihat apa yang terjadi.

Perhatikan bahwa sobat mungkin harus reboot komputer sobat setelah mengubah pengaturan memori virtual.

Cobalah untuk membuka sesuatu yang menggunakan memori, seperti sesi browser web dengan banyak tab yang terbuka atau bermain game seperti biasa. Jika tampak bahwa ruang paging file sobat tidak sedang habis, dan sobat tidak mendapatkan pesan error, maka masalahnya selesai. Nah, demikian cara mengatasi error low on memory. Semoga bermanfaat.

Sumber : https://zipso.net/fix-low-memory-warnings-in-windows-vista-xp-and-windows-7/

Share this

Related Posts

First

Diberdayakan oleh Blogger.

Beauty

Text Widget

About Us

Breaking News

Recent Post

Popular Posts

Pages

BTemplates.com

Travel

Fashion

Blogroll